Tips Sembuhkan Luka Bakar Dengan Obat Alami

Tips-Sembuhkan-Luka-Bakar-Dengan-Obat-Alami

wartrol-direct.net – Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengobati luka bakar, misalnya akibat kecipratan minyak panas atau kena knalpot? Pertolongan pertama pada luka bakar umumnya dengan mengoleskan salep yang bisa dibeli di apotek. Namun, bagaimana jika kondisi tidak memungkinkan untuk pergi ke apotek? Tenang. Ada banyak bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai pengganti obat luka bakar generik.

Rekomendasi obat alami pengganti salep luka bakar
Dalam penanganan luka bakar, salep generik memang sering digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Salep luka bakar dianggap efektif dalam membantu penyembuhan luka bakar. Namun, Anda juga tidak boleh sembarangan menggunakannya. Oleh karena itu, banyak orang cenderung beralih untuk menggunakan obat alami yang mungkin sudah tersedia di rumah sendiri.

Penanganan luka bakar secara tradisional dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan kulit akibat luka bakar, serta membantu mempercepat penyembuhan luka.Namun, tidak semua kasus luka bakar dapat ditangani dengan obat tradisional. Studi menunjukkan bahwa sejumlah bahan alami di bawah ini cukup ampuh dijadikan obat untuk luka bakar ringan, yaitu tingkat satu dan tingkat dua.Luka bakar tingkat yang lebih parah tidak bisa diobati dengan bahan alami, dan harus segera mendapatkan pengananan medis yang tepat.

1. Madu
Beberapa penelitian menunjukkan mengoleskan madu tipis-tipis ke kulit yang terbakar dapat membantu mengurangi peradangan akibat luka bakar tingkat pertama dan kedua.Madu juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka bakar dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

2. Gel lidah buaya
Gel lidah buaya juga dapat dijadikan obat alami untuk mempercepat penyembuhan luka bakar tingkat pertama dan kedua.Lidah buaya memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Gel lidah buaya juga dapat mendinginkan sensasi panas, meredakan rasa sakit, serta mencegah lecet dan jaringan parut.Cukup oleskan gel lidah buaya langsung pada luka bakar sebanyak sekali atau dua kali dalam sehari hingga sembuh.

3. Minyak calendula
Minyak dari bunga calendula memiliki sifat antiradang. Para peneliti menemukan, mengoleskan ekstrak calendula dapat mempercepat penyembuhkan pada kulit yang terdampak luka bakar.

Baca Juga :Ciri Ciri Penyakit Kutil Kelamin

4. Cuka putih
Cuka putih mengandung asam asetat yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit, gatal, dan radang luka bakar. Cuka putih memiliki sifat antiseptik sehingga membantu menghindari luka bakar Anda dari infeksi.Anda dapat merendam handuk atau gunakan kapas ke dalam cuka untuk dijadikan kompres luka bakar, atau mencelupkan cotton bud pada cuka, sebelum dioleskan pada luka bakar.

5. Teh hitam
Teh hitam mengandung asam tanat yang dapat menghilangkan panas dari luka bakar, sehingga membantu mengurangi rasa sakit.Caranya, letakkan dua atau tiga kantong teh hitam basah yang dingin di atas luka bakar. Lalu, lilit dengan kain kasa untuk menahannya agar kantong teh tidak melonggar dan lepas.

6. Susu
Susu mengandung lemak dan protein yang dapat menenangkan luka bakar. Dua nutrisi ini juga berpotensi sebagai obat alami untuk mempercepat penyembuhan luka bakar dan memperbaiki struktur jaringan kulit.Anda dapat merendam luka bakar dalam susu selama 15 menit. Selain itu, yoghurt full-fat juga dapat membantu mendinginkan dan melembabkan kulit yang kering akibat luka bakar.

7. Gandum
Gandum juga menjadi salah satu pilihan obat luka bakar yang alami.Seperti bahan alami yang sudah disebutkan, gandum memiliki sifat antiradang yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, gandum juga dapat mendinginkan serta melembapkan kulit yang kering dan gatal akibat luka bakar.Anda dapat menambahkan secangkir gandum ke dalam air kemudian aduk sampai menjadi bubur. Setelah jadi, kompres luka bakar dengan bubur gandum selama 20 menit.

Pertolongan pertama pada luka bakar
Ketika anggota keluarga, teman ataupun orang lain mengalami luka bakar tentu Anda harus melakukan pertolongan pertama. Adapun pertolongan pertama yang dapat dilakukan pada penderita luka bakar, yaitu:

  • Jauhkan diri atau korban dari sumber panas tersebut
  • Cobalah untuk menyiram kulit yang terbakar dengan air dingin selama 10-15 menit hingga tidak terlalu sakit.
  • Jika lokasi luka tidak memungkinkan untuk disiram, letakkan kain bersih yang sudah dibasahkan oleh air dingin pada luka tersebut.
  • Pilihan lainnya, rendam luka bakar dalam bak air dingin selama 5 menit.

Langkah penanganan di atas umumnya dilakukan untuk luka bakar ringan.Setelah luka bakar tidak lagi terasa sakit dan cukup kering, Anda bisa mengoleskan obat alami seperti salep lidah buaya atau petrolleum jelly tipis-tipis pada area kulit yang bermasalah. Luka bakar tingkat pertama biasanya akan sembuh dalam 7-10 hari. Sementara itu, luka bakar tingkat kedua biasanya sembuh dalam 2-3 minggu.Jika luka bakar dikatakan parah, sebaiknya segera cari perawatan medis. Perlu diingat bahwa menghindari atau menunda perawatan dapat menyebabkan kerusakan kulit yang serius.

Oleh sebab itu, lakukanlah perawatan baik dengan salep maupun obat alami segera setelah Anda mengalami luka bakar.Apabila luka bakar tak kunjung sembuh setelah melakukan pengobatan alami, segera dapatkan perawatan medis.